Kamis, 31 Oktober 2013

tulisan manajemen 2


AWAL YANG SEDERHANA

        Organisasi Nike muncul dari ide Philip Knight yang diutarakan dalam karya tulis untuk dapat dinyatakan lulus pada tahun 1962 dengan menggondol gelar MBA di Stanfond. pada tahun 1964 dia dan Bill Bowerman, mantan pelatih lari Knight dari University of Oregon, memulai perusahaan sepatu atletik dengan merek Blue Ribbon Sports, untuk membangkitkan citra juara. tahun itu mereka berhasil menjual 1.300 pasang sepatu lari di lapangan atletik setempat yang di jumpai dari mobil yang dijadikan tempat penjualan. sementara itu, Knight juga bekerja sebagai akuntan publik bersertifikat dan dosen akutansi sampai tahun 1969, ketika dia memutuskan untuk mencurahkan segala perhatiannya pada Blue Ribbon Sports. kemudian pada tahun 1972 Blue Ribbon Sports berubah menjadi Nike , nama yang di ambil dari mitos mengenai dewi kemenangan.
        Antara tahun 1972 dan 1990 nike mengalami pertumbuhan yang luar biasa. penjualan pada tahun 1972 adalah $ 2 juta. pada tahun 1982 , angka penjualan mencapai $ 694 juta, dengan pertumbuhan rata-rata 82 persen setahun. pada tahun 1990, penjualan melewati $ 2 miliar, sebagai pertumbuhan fenomenal ini diakibatkan oleh pengakuan Michael Jordan. akan tetapi, bahkan sebelum Jordan mengagetkan dunia olahraga dengan pengumumannya untuk mengundurkan diri, Knight dan para manajernya mempunyai alasan untuk melihat kesempatan masa depan. mereka menyadari bahwa walaupun bakat Jordan bermain basket luar biasa, tetapi dia tidak mungkin bermain basket luar basket untik selamanya.

Sumber:
Robbins, Stephen P.& Mary Coulter.(2003).Management, 7thedition. Prentice-Hall,
New Jersey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar