Selasa, 08 Oktober 2013

tugas 1 (psikologi manajemen)

- Apa itu manajemen?
pengertian-pengerian yang akan diuraikan disini adalah yang berkaitan dengan materi pembahasan   dan dapat memperjelas uraian. selanjutnya dapat menuntun dan mengarahkan pembaca agar dapat dengan mudah dan cepat memahami pokok-pokok bahasan lebih lanjut. pengertian-pengertian itu mencangkup: manajemen, perpustakaan, manajemen perpustakaan, dan pendekatan praktik.
Manajemen, berasal dari bahasa inggris management. Dalam bahasa indonesia, manajemen mempunyai beberapa pengertian lain:
a. Pemimpin, baik dalam arti orang-orangnya maupun fungsinya, dalam kegiatan organisasi, terutama didalam mengambil keputusan-keputusan, yang dilakukan dengan mengadakan rapat.
b. Pengurus, atau Kepengurusan, yang diangkat melalui pemilihan. oleh sebab itu dalam menjalankan manajemen bersifat demokratis, artinya apa yang dilaksanakan adalah yang diputuskan dalam rapat pemilih atau pembentukan kepengurusan tersebut.
c. Ketatalaksanaan, adalah manajemen yang bersifat menata, mengatur pelaksanaan dan menjalankan keputusan-keputusan atau perintah atasan.
d. Pengelolaan, adalah manajemen sumber daya, misalnya personil, keuangan, material, investaris, waktu, dan sebagainya.
e. Pengendalian, adalah manajemen suatu situasi dan kondisi (kontrol). misalnya pengendalian wilayah, keamanan dan ketertiban wilayah.
f. Pembinaan, adalah manajemen yang bersifat pengembangan: jiwa, kemampuan, keahlian orang, kelompok orang, dan masyarakat. misalnya pembinaan masyarakat, dan pembinaan teritorial.
Secara umum pengertian manajemen adalah pengendalian dan pemanfaatan semua faktor dan sumber daya, yang menurut suatu perencanaan ( planning) diperlukan untuk mencapai atau menyelesaikan suatu tujuan kerja yang tertentu  (prajudi, 1982).
Menurut kamus besar bahasa indonesiaterdapat dua pengertian tentang manajemen.
Pertama, manajemen adalah suatu proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. maksudnya ialah bahwa didalam organisasi, baik sebagai wadah yang sifatnya statis, maupun sebagai kegiatan yang sifatnya dinamis.
Kedua, manajemen adalah pejabat atau pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan. jadi disini manajemen diartikan sebagai kewenangan, kemampuan, dan kesanggupan seseorang pemegang kekuasaan yang sah, untuk menjalankan dan pengoprasian organisasi. orang tersebut memiliki tanggung jawab sepenuhnya, baik secara formal maupun moral, sekaligus menjadi titik sentral perhatian dan komando bagi semua staf dan bawahan. semua tergantung kepada pihak manajemen (Kamus Besar Bahasa Indonesia  KBBI, 1988).

-Jenis-jenis manajemen
                  Manajemen Pemasaran
                  Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusa untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yangdibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat
         diwujudkan
                  Manajemen Produksi
         adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi

             Manajemen Keuangan
             adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan  bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan
                  Manajemen Informasi

             adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat 

- Apa itu kepemimpinan?
         Di bandingkan dengan kepemimpinan hanya sedikit istilah pada perilaku organisasi yang definisinya kurang mendapat kata sepakat. Seperti kata seorang pakar " jumlah definisi kepemimpinan hampir sama banyaknya dengan orang yang mencoba mendefinisikan konsep itu."
         walaupun hampir semua orang tampaknya sependapat bahwa kepemimpinan mencangkup suatu proses pengaruh, perbedaan cenderung berkisar pada apakah kepemimpinan harus nonkoersif (tidak memaksa, dibanding dari penggunaan kekuasaan, ganjaran, dan penghukuman untuk memaksa pengaruh terhadap para pengikut)  dan apakah kepemimpinan berbeda jelas dari manajemen? Isu terakhir ini telah menjadi topik debat yang sangat memanas akhir-akhir ini, dengan kebanyakan pakar berpendapat bahwa kepemimpinan dan manajemen itu berbeda
         Jadi bagaimana sikap kita? kita akan menggunakan definisi kepemimpinan yang luas, definisi yang dapat mencangkup semua pendekatan dewasa ini terhadap topik. jadi kita mendefinisikan kepemimpinan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok ke arah tercapainya tujuan. Sumber dari pengaruh ini bisa formal, seperti misalnya yang disediakan oleh pemilikan peringkat manajerial dalam suatu organisasi. Karena posisi manajemen muncul bersama suatu tingkat wewenang yang dirancang secara formal, seorang dapat menjalankan suatu peran kepemimpinan semata-mata karna kedudukannya dalam organisasi itu.
Sumber: - D. Milbank, "Managers Are Sent To 'Charm Schools' to Discover How to Polish up Their   
                Acts,"Wall Street Journal 14 Desember 1990, h. Bi.
              - M. Rothman, "Into The Black," INC, Januari 1993, h. 59.
              - H. Mintzberg, The Nature of Managerial Work (New York : Harper&Row, 1973)
              - Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1988
              - Unesco Public Library Manifesto, November 1994
              - Soeatminah: Perpustakaan, Kepustakaan dan Pusstakawan, Yogyakarta,: Kanisius, 1992

Tidak ada komentar:

Posting Komentar